Resep Cumi Saus Padang. Enak, Pedas, dan Bikin Melek


Assalamualaikum..
Haloo sahabat kuymasak? Udah pada makan belum nih? Lauknya apa? Kalau minskuy lagi mau masak nih. Lagi ada persediaan cumi, setelah minskuy pikir-pikir dan pertimbangkan, akhirnya minskuy memutuskan akan masak cumi saus padang.

Kenapa cumi saus padang? Karena kalau sambal cumi asin sudah pernah minskuy bagi ke sahabat kuymasak hehehe. Saus padang ini sepertinya sudah sangat melekat dengan seafood atau makanan olahan laut ya sahabat kuymasak. Kayak.. kepiting saus padang, udang saus padang, kerang saus padang, juga cumi saus padang yang akan misnkuy bagikan resepnya ini. Tapi, ada juga loh selain seafood kayak ayam saus padang, bahkan tempe saus padang, ya sesuai selera aja sih ya? Karena saus padang ini memang nikmat banget, seger gitu hehe


Yaudah, kalau gitu minskuy mau bagiin resep cumi saus padang nih untuk semua sahabat kuymasak. Jadi, minskuy bagi bahannya jadi dua ya, satunya bahan bumbu halus, satunya lagi bahan campurannya.

Resep Cumi Saus Padang. Enak, Pedas, dan Bikin Melek

Ayo sahabat kuymasak, persiapkan bahan-bahan untuk membuat Resep Cumi Saus Padang. Enak, Pedas, dan Bikin Melek ini.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cabai keriting
  • 2 cabai rawit

Bahan :

  • 500 gr cumi segar
  • 2 buah wortel ukuran sedang atau kecil (diiris)
  • 1 butir telur
  • 1 batang serai, geprek
  • 1/2 ruas jari jahe, geprek
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah bawang bombai ukuran kecil (diiris memanjang)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • ½ kaldu jamur (optional)
  • 1 sdm baking soda
Sudah siap kah bahan-bahannya? ayo ikuti langkah-langkah cara pembuatan Resep Cumi Saus Padang. Enak, Pedas, dan Bikin Melek dibawah ini ya.

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih cumi, pisahkan bagian kepala dan badan cumi serta buang kotoran dan tulang yang ada didalamnya
  2. Rendam cumi dengan baking soda, garam, dan air selama 15-20 menit (jika tidak ada baking soda, sahabat kuymasak bisa menggunakan perasan air jeruk dan garam. Tapi direndamnya selama 30 menit ya)
  3. Buang air rendaman dan cuci lagi cumi hingga bersih, kemudian tiriskan
  4. Panaskan minyak dan goreng cumi sebentar. Pastikan menggoreng cumi pada minyak yang panas. (cukup goreng cumi sebentar sekitar 2 menit, agar tidak alot atau keras)
  5. Haluskan semua bumbu halus seperti cabai, bawang merah dan bawang putih
  6. Tumis bumbu yang telah dihaluskan menggunakan minyak goreng
  7. Lalu, masukkan irisan bawang bombay, serai yang telah digeprek, dan jahe yang telah digeprek. Setelah itu, aduk rata
  8. Masukkan juga telur yang sudah dikocok lepas kedalam tumisan dan aduk-aduk hingga telur dan bumbu tercampur rata
  9. Tambahkan air, saus tomat, saus sambal, saus tiram, air asam jawa dan wortel yang telah diiris sebelumnya kedalam tumisan.
  10. Aduk lagi masakan hingga semua bumbu tercampur rata.
  11. Setelah semuanya tercampur rata dan mulai mendidih, masukkan cumi yang telah digoreng setengah matang tadi kedalam tumisan bumbu
  12. Lalu, bumbui tumisan cumi ini dengan garam, gula, dan kaldu jamur. Aduk rata dan koreksi rasa
  13. Jika semuanya dirasa sudah pas rasa dan kekentalan saosnya, maka Resep Cumi Saus Padang. Enak, Pedas, dan Bikin Melek ini sudah siap disajikan ke keluarga tercinta
Oh iya sahabat kuymasak, cumi saos padang ini paling enak disajikan dengan nasi panas dan lalapan sayuran. Rasanya jadi lebih nikmat. Ayo cobain resep Resep Cumi Saus Padang. Enak, Pedas, dan Bikin Melek ini sahabat kuymasak. Kalau mau buat masakan lainnya dengan saus padang, tinggal ganti cumi dengan bahan utama yang mau dibuat ya sahabat kuymasak. Misal, mau buat udang saus padang, ganti aja cuminya dengan udang, jadi deh hihi.

Kalau ada pertanyaan, kritik, saran, atau sudah recook, silakan komen ya sahabat kuymasak. Oh iya, kalau mau request resep juga boleh. Kuy masak. Masak itu, gampang.

Belum ada Komentar untuk "Resep Cumi Saus Padang. Enak, Pedas, dan Bikin Melek"

Posting Komentar

Berikan kritik dan saranmu agar kuymasak bisa lebih baik lagi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel